Kamis, 26 Juli 2012

peralatan service hp

Peralatan yang biasa digunakan untuk repair ponsel (teknisi HP sering menyebutnya dengan Perlengkapan Tempur) dikategorikan menjadi 2 bagian yaitu :
1. PERALATAN HARDWARE….. yang dimaksud disini adalah alat yang digunakan untuk membongkar pasang komponen yang ada didalam handphone. Peralatan ini meliputi Obeng, untuk membuka baut atau sekrup pada handphone. Pinset, digunakan sebagai pengganti tangan untuk menjepit komponen yang akan di angkat maupun dipasang. Tang Jepit dan Tang Potong, sesuai namanya alat ini digunakan untuk menjepit atau memotong. Blower dan Solder, digunakan untuk memanaskan timah pada komponen agar mencair untuk dilakukan pengangkatan maupun pemasangan. Kemudian Plat BGA, yaitu sebuah plat dari logam yang telah diberi lubang-lubang untuk mencetak kaki-kaki IC. Penjepit PWB, digunakan untuk menjepit papan pwb agar tidak bergeser atau bergoyang pada saat pengangkatan maupun pemasangan komponen. Multitester, merupakan alat untuk mengukur Ampere (arus), Volt (tegangan) dan Ohm (hambatan) pada rangkaian ponsel. Power Suplay (PS), digunakan sebagai pengganti baterai dan bisa juga untuk mengecek kerusakan handphone dengan memperhatikan pergerakan jarum arus pada PS. Frequency Counter, untuk mengukur clock pada rangkaian HP, dan yang terakhir (saya belum punya) yaitu Osiloscop, digunakan untuk menganalisa kerusakan dengan memperhatikan bentuk gelombang yang dihasilkan dari hasil pengukuran di handphone kemudian dibandingkan dengan yang seharusnya tertera pada diagram analisa kerusakan.
2. PERALATAN SOFTWARE….yang dimaksud adalah seperangkat alat yang digunakan untuk mendeteksi bahkan memperbaiki Handphone yang rusak. Peralatan Software ini terdiri atas 1. Seperangkat Komputer dan 2. Box Flasher yang terdiri dari banyak merk dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contoh daripada Box Flasher adalah UFS, JAF, SETOOL, CRUISER, MT-BOX, Spiderman, Infinity, Universal BOX, Dll. Yang Umum digunakan oleh teknisi Handphone pada permulaan karirnya adalah UFS Micro, karena bisa digunakan untuk berbagai merk handphone kecuali handphone keluaran China.

1 komentar: